Sosial

Mengapa Ada Orang yang “Pengen Kelihatan Kaya”? Ini jawabannya.

Sepanjang hidup kamu, pasti sering mendengar judul ini. Memang ini telah menjadi sebuah kondisi di tengah masyarakat kita yang masih banyak diliputi oleh pergumulan ekonomi. Ekonomi merupakan tantangan khusus di Negara berkembang seperti Indonesia.

Namun, di tengah-tengah kesulitan ekonomi, juga terdapat banyak ironi kesombongan.

Sebelum jadi artikel yang terlalu “moral”, langsung saja, kita cermati, alasan mengapa banyak orang yang “Pengen Kelihatan Kaya”, sebagai berikut:

  1. Kemungkinan besar, orang tersebut menghabiskan setengah hidupnya dengan kesulitan ekonomi yang berat, dan kemudian terjadi perubahan ekonomi mendadak, yang membuat orang tersebut terkejut dengan kondisi perekonomiannya yang baru. Dan disinilah terjadi “kelupaan diri”, dan muncullah usaha untuk membalas luka-luka atau kelemahan-kelemahan masa lalu, dengan menampilkan kehidupan yang “Sok Kaya”.
  2. Orang tersebut menghabiskan hidup tanpa terlalu sering melihat kehidupan yang miskin di luar lingkungannya. Sehingga orang tersebut, hampir tidak memahami seperti apa rasanya miskin dan kesulitan ekonomi. Sehingga “menampilkan kehidupan yang kaya” bagi dia adalah sebuah standard yang biasa. Orang seperti ini memiliki insting empati yang sangat rendah, dan tidak menyadarinya.
  3. Orang tersebut sulit untuk puas terhadap dirinya sendiri dan sulit untuk selesai dengan dirinya sendiri. Selalu merasa tidak puas dan ingin kebanjiran pujian dan sanjungan.

Seperti itulah, analisa sederhana, mengapa banyak orang “Pengen kelihatan kaya”. Apa pendapat kamu?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel yang Ramai

To Top